Bagaimana Menambah Berat Badan Anak

Banyak orang tua yang khawatir kalau anak mereka terlalu kurus. Padahal dalam tumbuh kembang anak, kesenjangan antara tinggi dan berat badan anak kadang terjadi. Itu adalah bagian dari pertumbuhan. Anak anak menghabiskan lebih banyak bahan bakar dalam beraktifitas atau kegiatan aktif lainnya daripada orang dewasa. Sehingga wajar bila terjadi penurunan berat badan jika asupan yang didapatkan tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan.
Tetapi jika anak anda terlihat kurus, sampai sampai membuat kekhawatiran, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orang tua untuk menambah berat badan si buah hati.

Tanyakan dulu ahli gizi atau dokter keluarga anda.
Kurus atau gemuk dapat diketahui dengan menghitung perbandingan tinggi badan dan beratnya dan usia. Ada baiknya anda menggunakan tabel indeks massa tubuh. Jika hasilnya sudah diketahui, anda dapat menanyakan ahli gizi untuk berkonsultasi mengenai asupan. Atau dengan dokter keluarga jika ada penyakit yang diderita oleh anak anda.


Komsumsi produk makanan 4 sehat 5 sempurna
Berikan komposisi makanan yang disarankan oleh ahli gizi, disamping itu anda lebih giat menghilangkan kebiasaan ngemilnya. Jika anak anda merasa jenuh atau susah makan, variasikan jenis makanan yang anda hidangkan di meja makan. Ada banyak cara menghias makanan agar terlihat cantik dan menarik. Telur yang dipadukan dengan sayuran dapat dibentuk menjadi boneka. Dan  banyak ide menarik lainnya. Tentu saja tampilan yang ceria akan membangkitkan selera makan.


Hindari lemak.
Hindari lemak hewani bagi anak anda dan perbanyak lemak nabati. Tentu saja asupan mereka akan lebih sehat dan menjauhkan resiko penyakit ketika dewasa nanti. Lemak yang sehat juga akan meningkatkan massa otot anak anda.


Tingkatkan konsumsi serat dan hindari makanan fast food.
Anak paling senang makanan yang siap saji. Tetapi jika itu dibiarkan terus belanjut, tentu saja akan membuat anak rawan penyakit. Batasi kebiasaan memakan snack, minuman bersoda, dan perbanyak makan buah-buahan segar. Sediakan bekal makanan dari rumah agar anak tidak terbiasa jajan disekolah.

Konsumsi suplemen pelengkap.
Konsumsi multivitamin untuk kebutuhan nutrisinya. Tetapi ingat untuk jangan terlalu menggantungkan semua kebutuhan nutrisi pada multivitamin. Adalah lebih baik anda memperoleh semua zat gizi dan vitamin tersebbut dari makanan yang alami. Seperti buah-buahan, sayuran dan makanan alami lainnya.
Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs