Cara Jitu Menghentikan Anak Menyusui

Ada beberapa nilai yang harus anda terapkan pada anak. Jika sudah cukup umur, Menyapih mereka dari ASI adalah salah satu dari nilai tersebut. Tapi ini adalah salah satu tugas mendidik yang sering lebih mudah di ucapkan dari pada di lakukan.

Bagi beberapa anak, menyapih atau menghentikan menyusui ASI merupakan perkembangan alamiah. Bagi beberapa anak lain mungkin sangat sulit. Hal menjadi sulit ketika anak memiliki kebiasaan untuk menyusui tepat sebelum waktu tidur siang atau sesegera setelah si bayi bangun.

Hal ini harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Jika dipaksa berhenti menyusui tanpa peringatan apapun, Menyapih ASI dapat menyebabkan anak rewel. Mereka juga mulai menuntut perhatian. Menyusui bagi mereka adalah metode ikatan dengan ibu. Jika Anda menolak mereka mendapatkan manfaat ini, mereka cenderung menjadi sangat moody.

Yang dapat Anda lakukan adalah menyapih anak dari ASI secara bertahap. Mulailah dengan memberinya makanan yang tidak dianggap sebagai makanan utama hari itu. Secara bertahap berhenti menyusuinya dan jika anak Anda masih lapar, berikan makanan pendamping dan beberapa makanan tumbuk yang dapat membantu menghilangkan lapar. Setelah bayi Anda terbiasa dengan ini, kemudian secara bertahap mengurangi jumlah kali menyusui Anda di siang hari.

Menghentikan menyusui tanpa peringatan atau secara tiba tiba dapat menyebabkan kendurnya payudara. Untuk mencegah hal ini terjadi, pompa  susu dari payudara Anda dan memberi mereka makan di dalam botol. Jika anak Anda digunakan untuk menyusui di malam hari, maka akan lebih baik jika Anda tidak mendekati bayi ketika menangis. Mintalah pasangan Anda untuk menenangkan bayi. Metode ini dapat dianggap kasar untuk beberapa hari pertama tapi kemudian bayi menangkap pesan ini sesegera mungkin.

Jika anak Anda sudah dapat mengerti percakapan, Cobalah menjelaskan kepadanya bahwa ia telah dewasa dan anak-anak dewasa tidak perlu menyusui. Coba dan arahkan anak Anda untuk tertarik pada makanan padat. Ini akan menjaga perut mereka penuh serta mengalihkan perhatian si dia dari payudara Anda. Ketika Anda menyapih anak Anda dari ASI, juga penting bahwa Anda menjaga diri sendiri. Jika Anda merasa payudara Anda berubah keras dan menyakitkan karena bertumpuk ASI, anda harus diperiksa medis. jika tidak hal ini bisa memicu kendurnya payudara. Jika diabaikan maka bisa menyebabkan infeksi.

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



2 komentar:

jaybloger said...

gi mana cara mengobati payudara yg sedang sakit

Admin said...

sakit pada payudara bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah Mastitis. Penjelasannya bisa di cek di artikel http://www.bincanganak.com/2012/12/mengenal-mastitis-saat-menyusui-dan.html
Untuk Keluhan sakit, sebaiknya periksakan ke dokter terdekat. Karena perlu pemeriksaan gejala dan tanda-tandanya.

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs