Cara Hilangkan Lapisan Putih Pada Lidah Bayi

Salah satu masalah yang dialami oleh ibu adalah membersihkan lapisan putih pada permukaan lidah bayi. Lapisan putih pada lidah selain mengganggu indera pengecap, juga sering membuat rewel bayi. Adanya lapisan tersebut membuat bayi malas menyusui. Lapisan putih pada lidah disebabkan oleh jamur candida yg berkembang biak dengan bebas pada mulut.

Pada bayi, penggunaan obat kimia untuk menghilangkan lapisan putih tersebut sangat tidak dianjurkan. Karena selain kondisi bayi yang masih rawan terhadap zat kimia, kemampuan daya tahan tubuh masih belum kuat. Olehnya itu diperlukan solusi secara alami untuk mengatasi lapisan putih pada lidah bayi.Gunakan obat tradisional dan alami. Ada dua cara alami untuk menghilangkan lapisan putih pada lidah bayi.Yaitu dengan Yoghurt dan Getah Daun jarak. Tetapi cara ini memerlukan waktu minimal 4 hari sampai lapisan putih pada lidah bayi hilang.

Pertumbuhan jamur candida pada mulut disebabkan oleh kurangnya bakteri alami penghambat jamur candida. Oleh karena itu Yoghurt yang merupakan susu hasil fermentasi mengandung asam laktat dan bakteri yang baik untuk tubuh. Bakteri dalam yoghurt  yaitu bakteri Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.. Yoghurt kaya protein, vitamin B, mineral dan aman dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu karena struktur laktosanya sudah dirusak.

Belilah yoghurt plain (tanpa campuran apapun). Rasanya tidak manis. Beri makan bayi secukupnya dan usahakan lapisan lidah terlapisi oleh yoghurt. Bakteri dalam yoghurt akan mengurai bakteri candida. Lakukan selama satu minggu dan lihat hasilnya. Untuk cara ini digunakan kepada bayi yang telah mengkonsumsi MPASI atau bayi 6 bulan keatas.

Lalu bagaimana dengan bayi dibawah 6 bulan?. Karena pertimbangan kemampuan pencernaan bayi, maka tidak disarankan dulu mengkonsumsi yoghurt. Ini adalah resep obat tradisional untuk menghilangkan lidah putih bayi. Gunakan Getah daun jarak. Jarak (Ricinus communis) adalah tumbuhan liar perdu yang mudah didapatkan. Sebutan jarak di sumatera adalah Dulang atau Gloah, di madura disebut Kalek.

Cara pengobatannya cukup sederhana. Jika anda memetik pangkal daunnya, maka getahnya akan keluar. Ambil daun tersebut dan Tampunglah getah di wadah secukupnya. Setelah itu oleskan getah daun jarak itu pada telapak kaki bayi hingga meresap atau berubah warna menjadi putih. Juga lebih efektif jka dioleskan di telapak tangan. Lakukan selama seminggu dan setelah pengobatan selama 4 hari, sudah terlihat lapisan putih pada lidah bayi akan hilang. Cara ini juga cocok untuk segala usia. Selamat mencoba.

 Artikel Bincang Anak Lainnya:

Muntah Sehabis Minum Susu
Yang Harus Dilakukan Jika Bayi Alergi Susu
Cara Jitu Menghentikan Anak Menyusui
Klub Senam Untuk Bayi: Baik Atau Buruk
Kenaikan Berat Badan yang Ideal Buat Bayi
Kenali Type Anak melalui Kecerdasan Emosi
Tips Awal Selamat Dari Penculikan Anak 
Pengaruh Sentuhan Ayah Pada Bayi Baru Lahir
Kolostrum : Antibiotik Hebat Buat Bayi Anda
4 Permainan Untuk Mengembangkan Motorik Anak
Tips Memilih Warna Cat Untuk Kamar Anak    
Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs