Jadwal Menyusui Bayi

Apakah menentukan jadwal menyusui itu lebih baik, atau menyusui dengan berpedoman tangisan bayi?

Biasanya, kegiatan menyusui untuk pertama kalinya tidak lebih dari lima menit, kemudian waktunya akan bertambah lama secara bertahap sampai akhirnya akan memakan waktu seperempat atau sepertiga jam.

Anda perhatikan, bahwa berlebihan dalam memberi waktu ketika menyusui tidak akan memberikan manfaat bagi bayi Anda, tetapi justru mungkin akan membahayakannya. Karena bayi akan berhenti menghisap kalau dia merasa kenyang, (oleh karenanya kalau dia tetap dipaksa mengulum puting payudara) barangkali dia akan menelan udara sehingga perutnya kembung dan bergas.

Dianjurkan pada permulaan menyusui, agar memberi kedua payudara secara bergantian dalam satu waktu menyusui, untuk merangsang dan membantu memperlancar agar ASI keluar. Setelah itu, cukup hanya menggunakan satu payudara saja dalam satu waktu menyusui, dan pada waktu menyusui berikutnya harus menggunakan payudara yang lain.

Sedangkan mengenai waktu menyusui dan sampai di mana waktu itu mencukupi kebutuhan bayi? Sebagian dokter lebih mengutamakan agar menyusui secara teratur dalam waktu yang tetap (memakai jadwal menyusui). Namun, sebagian dokter yang lain lebih mengutamakan untuk menyusui bayi sesuai dengan kebutuhan makan bayi, yang terungkap dalam tangisan bayi yang kencang dan terus menerus. Bersikap moderat adalah sikap yang lebih utama di antara keduanya, yaitu; menjaga bayi dan mengetahui jadwal jam bangunnya, dan jadwal jam dia lapar meminta makanan.
Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs