Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Menggigit kuku bisa menjadi kebiasaan yang paling umum terlihat di hampir setiap anak. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja banyak yang masih memiliki kebiasaan menggigit kuku tidak senonoh, itu karena mereka tidak bisa mengendalikan diri ysng dibawa dari masa kecil. Orang-orang dewasa ini tahu  bahwa mereka tidak boleh memanjakan diri dengan  menggigit kuku, tapi entah sadar atau tidak mereka mulai menggigit kuku mereka pada kondisi tertentu. Metode terbaik yang mungkin diambil adalah membiasakan mengontrol sedini mungkin, yaitu ketika anak Anda baru saja terlibat dalam tindakan ini. kalau kebiasaan menggigit kuku itu sudah tumbuh, maka akan lebih sulit untuk berhenti. Ada pengobatan tertentu yang tersedia di dunia medis, tetapi jika anak Anda sudah membiasakan ini, tak ada yang bisa menyembuhkannya.

1) Pada awalnya, Anda harus memberikan upaya khusus untuk membuat anak Anda memahami bahwa kebiasaan ini buruk dan merusak kesehatan. Hubungkan salah satu gangguan fisik sebagai efek setelah menggigit kuku, misalkan kuman di kuku akan masuk ke mulut dan menjadi penyakit. Dengan cara ini anak Anda akan memahami efek buruk pada kesehatan yang dapat membantu dia untuk mengontrol kegiatan ini.

2) Memberikan cat kuku yang cantik atau dengan warna tertentu yang menarik pada puncak jari yang bisa menahan anak itu menggigit kukunya. Namun, Anda harus menggunakan metode ini secara konsisten selama beberapa hari, sehingga anak Anda cenderung untuk melupakan kebiasaan itu dan mendapatkan kegiatan yang lain. Tapi ingat untuk terus mengawasi jangan sampai ia masih menggigit padahal cat kuku juga ikut masuk ke mulut.

3) Untuk anak-anak kebanyakan, menggigit kuku bisa menjadi hasil dari ketegangan emosi dan depresi. Jadi, obat anti-depresan dapat membantu untuk melepaskan rasa depresi sehingga mereka menghentikan praktek tersebut. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli obat-obatan.

4) Spesialis juga dapat merekomendasikan Anda melalui terapi kebiasaan pembalikan, yang menggantikan kebiasaan ini dengan sesuatu yang positif. Ketika anak Anda terpikat tentang kebiasaan baru, secara otomatis dia akan lupa untuk memasukkan jarinya ke dalam mulutnya.

5) Namun, tips ini tidak akan bekerja selamanya, kecuali ada kemauan yang kuat untuk keluar dari kebiasaan buruk. Anda harus menegaskan anak Anda untuk memperkuat pikiran dan untuk meningkatkan kekuatan kehendaknya, sehingga ia sadar bisa tinggal landas dari kebiasaan buruk ini. janjikan imbalan dan hadiah, jika ia bisa tetap tidak menggigit kuku selama seminggu.


Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs