Kumpulan Saran Menjalani Masa Kehamilan

Kehamilan merupakan fase yang membanggakan, membahagiakan dan sekaligus menegangkan bagi seorang ibu. Banyak yang khawatir sehingga membutuhkan saran untuk melewati fase tersebut. Saran yang paling baik diterima adalah dari seseorang yang pernah mengalaminya. Oleh karena itu bincanganak memberikan kumpulan saran agar bunda selamat hingga masa melahirkan, terutama kehamilan di usia matang. Berikut  beberapa saran kehamilan :

  • Berkonsultasi dengan ahli gizi.
  • Penuhi konsumsi 0,4 miligram asam folat setiap hari selama 3 bulan sebelum kehamilan (pada kehamilan yang direncanakan). Bila tidak, asam folat bisa diberikan pada 3 bulan pertama kehamilan untuk mengejar ketinggalan kebutuhannya. Simak artikel : Pentingnya Asam Folat Untuk Kehamilan
  • Jangan lupa lakukan aktivitas untuk menjaga kondisi fisik selama hamil kelak.
  • Terakhir tapi tetap penting, pasrahkan semua kepada kekuasan-Nya.
  • Saat hamil kelak, penanganan dan pemeriksaan sebaiknya ditangani dokter spesialis. Proses persalinan pun sebaiknya dilakukan di rumah sakit dengan fasilitas yang memenuhi standar, seperti adanya NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Klinik-klinik bersalin kecil umumnya tidak memiliki fasilitas yang memadai bagi bayi yang lahir prematur. Padahal risiko ini bisa terjadi pada ibu yang hamil di usia matang. Sarana dan prasarana yang baik juga berguna bila terjadi masalah pada proses persalinan, umpama, ibu mengalami perdarahan.
  • Hilangkan rasa cemas. Ibu dan pasangan mungkin dipenuhi rasa cemas setelah mengetahui risiko yang mungkin dialami. Tapi jangan larut dalam kecemasan. Apalagi kehamilan yang disertai kecemasan sangat tak baik bagi ibu maupun janin.
  • Jauhi marah. Kemarahan umumnya kerap dialami ibu yang menjalani kehamilan berisiko. Tak perlu berkecil hati. Apa pun kelak perintah dokter, jalani saja dengan santai. Ingat, semua itu demi diri sendiri dan si kecil di dalam rahim.
  • Jauhi perasaan tertekan. Karena banyak anjuran dan larangan, biasanya ibu akan terus-menerus mengingatnya. Sehingga takut untuk berbuat sesuatu di luar itu. Efeknya setiap kali akan berbuat sesuatu, selalu dimulai dengan pertanyaan, "Bolehkah saya melakukan ini? Apakah ini tak akan membahayakan bayi saya?" Menghilangkan sama sekali rasa tertekan itu memang agak mustahil. Berbagilah dengan pasangan, agar perasaan itu sedikit berkurang. Baca Artikel : Pengaruh Perasaan Terhadap Kesehatan Bunda

 Keselamatan, kesehatan, dan kesuksesan kehamilan ada di tangan Tuhan dan tentu ibu sendiri. Yang pasti yakinlah kalau kehamilan yang ibu jalani adalah proses normal, bukan penyakit. Ini dia rahasia menjalani kehamilan tenang di usia matang.


Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs