Masalah Kulit Kering dan Lecet pada Bayi

Siapa sih yang tidak ingin bayinya sehat ? Semua orang tua pasti menginginkan bayinya sehat dan terhindar dari segala penyakit. Tetapi tidak sedikit yang kurang memperhatikan kesehatan kulit bayi. Padahal kesehatan kulit bayi yang sensitif, perlu mendapat perhatian yang serius.
Kulit bayi yang sehat akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dengan usaha yang relatif mudah dilakukan, orang tua dapat mengatasi beberapa masalah kulit bayi yang umum terjadi di masyarakat.
Kulit bayi sangat mudah kering. Ada beberapa langkah awal yang mesti dilakukan oleh orang tua. Yaitu :
  • Hendaknya orang tua mengatur suhu dan kelembaban udara di dalam rumah.
Suhu yang terlalu panas akan membuat bayi anda merasa tidak nyaman. Begitu pula dengan suhu yang terlalu dingin. Hindari bayi anda terlalu lama berada diruangan yang ber AC. Hal itu akan menyebabkan kulit bayi anda yang tipis dan sensitif menjadi terganggu.
  • Lindungi bayi anda dari hembusan angin yang terlalu sering.
Ada baiknya untuk tidak terlalu sering membawa bayi anda di luar ruangan. Apalagi membawanya bepergian dengan menggunakan kendaraan roda dua. Angin akan membawa debu serta partikel asap yang dapat menimbulkan gatal dan bercak merah pada kulit bayi anda.
  • Menjaga agar kulit bayi tetap lembab dengan menggunakan Krim Bayi, Lotion dan Baby Oil.
Bila bayi anda selesai dimandikan, usapkanlah lotion dan krim yang khusus untuk bayi. Pilihlah yang tidak mengandung alkohol dan aman untuk kulit yang sensitif. Gunakan Lotion dan kosmetik anak yang tidak menimbulkan alergi.

Untuk Masalah lecet pada kulit bayi,  paling banyak disebabkan oleh gesekan antara pakaian bayi dan kulitnya yang sensitif. Terutama pada ketiak atau lipatan-lipatan pantat bayi. Ada beberapa Tips sederhana untuk menghindari lecet :
  1. Keringkanlah badan bayi anda secara seksama setelah dimandikan dengan benar, terutama pada lipatan-lipatan kulitnya.
  2. Hindarilah memakaikan pakaian yang terbuat dari bahan yang kasar, ketat dan ketat.
  3. Gunakanlah bedak dan krim yang dapat mengurangi resiko terjadinya lecet. 
Semoga bayi anda terhindar dari masalah kulit dengan menerapkan tips diatas.
Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs