Membuat Boneka Gajah Dari Kaleng Bekas

Anak mana yang tidak senang bermain? tentu semua anak pasti senang bermain. Sehingga akan lebih baik jika anak diajarkan permainan yang kreatif. Permainan kreatif adalah permainan yang bisa membuat anak berpikir dan berkreasi menciptakan sesuatu barang dari hasil imajinasinya sendiri. Memang awalnya dibutuhkan bimbingan orangtua. Tapi dengan kebiasaan yang terus diulang, maka dengan sendirinya anak akan mampu berkreasi. Dalam artikel ini, bincanganak kembali memberikan ide membuat boneka gajah dari bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Lakukanlah bersama dengan anak dan biarkan si kecil yang melakukan pekerjaan membuat boneka gajah ini. Ayo kita mulai !

Bahan yang dibutuhkan adalah kaleng biskuit yang sudah tidak terpakai lagi. 2 buah masker debu yang juga tidak terpakai lagi. Cat Acrylic, kuas, lem super, kertas sisa pembungkus kado, karet busa, Manik-manik kayu, 2 mata googly, tali, gunting dan sedotan bekas limun. Semua bahan tersebut adalah gambaran ide, sehingga jika bunda tidak mendapatkannya, boleh diganti dengan benda lain. Misalnya jika tidak ada mata googly, gunakan kertas yang digunting bulat dan digambar membentuk mata. Biarkan kreatifitas menjadi berkembang dengan bahan yang ada disekitar anda.

Cara membuatnya seperti terlihat pada gambar diatas. Mula-mula ajarkan anak bagaimana serunya menjadi seorang pelukis. Bimbinglah tangannya memegang kuas dan biarkan si kecil mengecat bekas masker dengan warna yang terang. Juga ajari bagaimana trik supaya hasil cat merata dan indah. Setelah cat mengering, maka waktunya membungkus kaleng dengan kertas kado.

Kertas kado yang sudah tidak terpakai lagi, digunting sesuai dengan bentuk kaleng. Gunakan pensil untuk menggambar pola dibalik kertas kado. Diperlukan pengawasan orang tua dalam penggunaan benda tajam ini. Jika anak belum mampu menggunting, maka orang tua yang melakukannya dan biarkan anak yang menenpelkannya pada sisi kaleng. Pastikan semua merekat dengan kuat agar boneka gajah ini nantinya dapat bertahan lama.

Nah setelah kaleng bekas terbungkus seluruhnya, waktunya membimbing anak menempelkan hiasan pada kaleng. Tempelkan masker yang telah di cat ke sisi kiri dan kanan kaleng sehingga membentuk telinga gajah. Setelah itu, tempelkan mata googly pada spoon, kemudian rekatkan di sisi kaleng menjadi mata sang gajah. sampai tahap ini, boneka gajah telah memiliki telinga dan mata. Untuk membuat kakinya, anak cukup menempelkan manik-manik sebanyak 4 buah pada bagian tepi berseberangan dengan telinga gajah. Aturlah agar seimbang dan nantinya sebagai landasan boneka untuk berdiri. Ekor dibuat dengan menempelkan manik-manik yang telah disambungkan dengan seutas tali. dan yang terakhir adalah merekatkan sedotan bekas ke sisi kaleng sehingga menjadi belalai pada boneka gajah hasil kreasi anak ini.

Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs