Memilih Sepatu Sekolah Untuk Anak

Sepatu adalah salah satu asesoris yang menunjang penampilan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi buat anak sekolah. Memilih sepatu itu adalah pekerjaan yang unik disaat waktu memasuki tahun ajaran baru. Terkesan simpel dan mudah, tetapi memilih sepatu yang tepat bagi anak merupakan hal yang cukup sulit. Banyak faktor yang mesti kita pertimbangkan. Baik dari segi fungsional dan emosional.  Anak terkadang sulit menahan godaan emosional untuk tidak membeli sepatu yang sedang trend muncul ditayangan TV. Selalu ada alasan bagi anak untuk memilih sepatu yang disukainya, tanpa memperhatikan harga dan yang paling penting faktor kesehatan.

Nah bagi orang tua, berikut beberapa faktor yang perlu anda perhatikan dalam memilih sepatu untuk anak ketika sehabis liburan:

Pilih ukuran yang sedikit longgar
Ada baiknya ketika memilih sepatu anak, carilah yang membuat kaki anak dapat bergerak secara normal di dalam sepatu. Pastikan ada ruang gerak untuk jari kaki si kecil. Dan ketika berjalan atau untuk berlari, jari kaki tidak terjepit.  Sepatu yang baik harus mengikuti bentuk alami dari jari kaki. Sediakan ruang sekitar 1 cm di ujung kaki sebagai ruang untuk kuku. Pakailah kaos kaki pada saat mencoba sepatu ketika akan membelinya. Dan cobalah untuk membeli sepatu menjelang sore, karena kaki cenderung membengkak sedikit di sore hari.


Pilih sepatu yang awet, mudah dirawat dan dibersihkan.
Untuk apa membeli sepatu anak yang cantik jika gampang rusak, itu tentu akan menambah pengeluaran bunda. Butuh biaya yang besar jika anda sering mengganti sepatu. Banyak hal yang bisa mempercepat kerusakan sepatu. Cuaca dan iklim, penggunaan yang berlebihan dan sebagainya.  Ada baiknya juga diperhatikan kondisi ekonomi dan lingkungan. Sebaiknya membeli sepatu anak yang harganya terjangkau dan dapat dipakai oleh anak untuk semua aktifitas di sekolah.


Jangan korbankan kesehatan
Karena tuntutan mode  yang terjadi dimasyarakat, kadang kala anak mau sepatu yang lagi trend.Padahal belum tentu sepatu tersebut di pakai untuk kesekolah. Dan biasanya, orangtua hanya membeli satu macam sepatu untuk dipakai disegala aktivitas sekolah. Olahraga dan di kelas tentulah tidak sama. Bila tidak tepat, hal ini membuat otot kaki menjadi tegang karena berat tubuh ditopang secara tidak baik. Dan akan menyebabkan penyakit pada kaki anak. Ada baiknya untuk memakai Sepatu yang memiliki alas yang tidak licin. Serta bantalan empuk yg ringan akan menahan dampak hentakan kaki anak ketika sedang berjalan di atas permukaan yg keras. 


Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs