Yang Perlu di Perhatikan Saat Masa Nifas

Masa nifas untuk ukuran normal adalah empat puluh hari setelah melahirkan. Pada masa ini banyak ibu muda yang belum sadar akan kondisi tubuhnya yang lemah. Masa nifas juga disebut masa pemulihan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kondisi semakin membaik dari hari ke hari.

Mengonsumsi Makanan yang Baik
Pada masa nifas dan menyusui, seorang ibu membutuhkan lebih banyak makanan yang baik (bergizi) dan yang mengandung banyak kalori dibandingkan hari-hari biasa: Ibu yang menyusui membutuhkan lebih dari tiga ribu lima ratus kalori setiap harinya.

Seorang ibu hendaknya harus lebih memperhatikan untuk banyak mengonsumsi makanan yang berprotein (seperti; daging, susu dan telor). banyak mengonsumsi cairan seperti; susu dan jus buah-buahan, banyak mengonsumsi sayur-sayuran (seperti; sayur gargir dan sayur khas, semacam lobak) dan banyak mengonsumsi makanan berserat (seperti; roti dan biji-bijian) hal ini untuk menghindari sulit buang air besar.

Kapan Darah Haid Kembali Muncul?
Darah haid akan kembali muncul biasanya setelah empat puluh hari dari persalinan, dan kadang lebih dari itu untuk para ibu yang menyusui bayinya dengan ASI. Hendaknya setelah mas nifas berakhir, ibu melakukan mandi wajib untuk membersihkan diri dan kembali suci.


Artikel Bincang Anak Lainnya:


Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs