Dapatkah Saya Menyusui Jika Saya Demam?

Terkadang dilema dialami oleh ibu yang menderita demam. karena jika di susui ada kekahawatiran akan menulari sang bayi, tetapi jika tidak disusui maka darimana lagi si buah hati akan memperoleh makanan? padahal sang ibu sudah bertekad untuk memberikan ASI ekslusif.

Kenalilah demam anda
Pertama kenalilah demam itu. Demam ditandai dengan peningkatan suhu tubuh. Peningkatan suhu tanda yang jelas dari penyakit, yang dimaksud adalah suhu di atas 37,2 C (diukur dengan tangan) atau suhu rektal di atas 37,7 C. Sebaiknya gunakan alat pengukur termometer sebagai acuan yang jelas dalam mengetahui suhu tubuh, karena jika menggunakan perasaan maka terkadang bisa keliru akibat berbagai faktor. Perlu diingat bahwa suhu dapat meningkat setelah makan berat, kondisi stres fisik yang parah, ovulasi dan menstruasi. Tapi ini adalah peningkatan suhu jangka pendek. Oleh karena itu, demam dapat dipastikan melalui analisa dokter dan suhu di termometer.

Penyebab Demam
Banyak penyebab demam. Yang paling umum adalah akibat influensa. Gejalanya adalah badan terasa panas dingin, tenggorokan sakit,  otot nyeri, sakit kepala, batuk, lemah dan rasa tidak nyaman. Kurangnya ASI akibat pengosongan payudara juga akan menyebabkan kenaikan suhu. Selain itu, dapat mengarah pada pembentukan lactostasis yang memperburuk kondisi ibu. Demam juga bisa diakibatkan oleh inkubasi virus dalam tubuh. Dari saat kontak dengan patogen ke dalam tubuh untuk meningkatkan suhu ibu setelah melewati masa tertentu (periode inkubasi). Pada saat ini ibu bisa menginfeksi anak. Namun, dengan terus menyusui, ASI akan memberikan perlindungan bayi melawan patogen ini. Secara ajaib, ibu akan menghasilkan antibodi terhadap penyakit yang dideritanya dan akan tersalurkan melalui ASI. Jadi ASI yang dihasilkan sudah terkandung antibodi terhadap penyakit. Perlu diingat bahwa Virus tidak akan tertular lewat ASI. Jika anak tidak diberikan ASI, kemungkinan tertular penyakit tersebut malah akan lebih tinggi.

Mengapa ada yang terjangkiti Demam?
Demam influenza diakibatkan oleh virus. Terkadang ibu tidak menggunakan masker dan menjaga kebersihan ketika sedang sakit. Sebaiknya gunakan masker jika sedang menyusui. Cucilah tangan sebelum memberikan ASI kepada bayi. Keringkan tangan setelah dicuci. Jika tidak ada air, gunakan bahan pencuci tangan dari alkohol. Pemakaian masker paling tidak dapat mengurangi resiko penularan virus melalui udara.

Demam biasanya dapat disembuhkan dengan kondisi badan yang fit melalui istirahat yang cukup. Konsultasilah dengan dokter mengenai obat yang ibu konsumsi agar ASI tidak terpengaruh oleh obat.


Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs