Fase Pertumbuhan Gigi Pada Anak

Pertumbuhan gigi pada setiap bayi berbeda-beda secara alami, yaitu berkisar antara usia lima sampai sembilan bulan. Tetapi mayoritas gigi bayi tumbuh pada bulan keenam.

Kemudian tumbuhlah gigi-gigi yang lain pada bayi, seperti keterangan di bawah ini: 
  • Pertama  : Dua gigi bawah di depan. 
  • Kedua     : Dua gigi atas di depan. 
  • Ketiga     : Dua gigi atas di samping. 
  • Keempat  : Dua gigi bawah di samping.
  • Ketika mencapai usia tiga tahun, maka jumlah gigi bayi adalah tiga puluh, dan muncul di antaranya gigi geraham dan gigi taring.
  • Pada usia enam tahun, gigi-gigi bayi akan copot secara bertahap dan digantikan dengan gigi tetap. (Gigi-gigi yang tumbuh pada periode pertama dari bersifat sementara diberi nama gigi susu). 
Biasanya, gigi yang terlambat tumbuh pada bayi disebabkan karena adanya kekurangan zat tertentu dalam makanan, atau disebabkan karena penyakit tertentu. Jika terjadi keterlambatan tumbuhnya gigi pada anak Anda, maka konsultasikan kepada dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan.

Gejala-gejala yang muncul bersamaan tumbuhnya gigi 
Adalah sesuatu yang normal jika bersamaan dengan tumbuhnya gigi, akan muncul pula beberapa gejala. Seperti naiknya suhu badan, atau sedikit mencret, disamping itu juga bayi akan merasa kesal, atau tidak bergairah, dan kadang merasa gusinya sakit, karena giginya akan muncul. Oleh karena itu, ibu hendaknya tidak terlalu khawatir jika mendapati gejala seperti diatas. Karena hal tersebut wajar terjadi ketika gigi tumbuh pertama kali.

Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



5 komentar:

Anonymous said...

anakku umur 1th, baru tumbuh 1gigi seri bawah namun tumbuhnya belum sempurna masih sebesar butir nasi. dan sekarang yang bikin bingung, tumbuh 1gigi lagi, bukan gigi seri tapi gigi taring. apa ini normal? mohon bantuannya, trims..

Admin said...

Pertumbuhan gigi bisa berbeda untuk tiap anak. Tetapi ada baiknya dikonsultasikan dengan dokter anak atau dokter gigi yang ada disekitar tempat ibu.

Anonymous said...

Anak saya pertama kali tumbuh bukan gigi seri.tapi gigi taring kanan bawah. Usia 10m apakah normal dok?

Admin said...

Urutan gigi yang tumbuh pada anak tidak mesti sama dengan anak yang lain. Bunda hendaknya tidak terlalu khawatir jika yang tumbuh pertama adalah gigi taring. Selama tidak mengganggu proses tumbuh gigi lain. Karena ini masih gigi susu yang akan berganti. Tetaplah konsultasi dengan dokter gigi di sekitar domisili bunda.

Anonymous said...

anak saya umur 8 thn,gigi seri atas satu dicabut dokter gigi sekitar 6 bln yg lalu karena sdh otek,saya mau tny knp sampai skrg giginya belum tumbuh yah? apa ada mslh dgn gigi anak saya dok... tq

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs