Membuat Mainan Anak: Jam Pasir Dari Botol Plastik Bekas

Pernahkah bunda merasa kesulitan menyadarkan anak tentang waktu? Ya, terkadang anak di usia yang masih dini belum mengetahui pentingnya waktu. Karena mereka memang lebih mementingkan menghabiskan waktunya untuk bermain. Tetapi tidak ada salahnya kalau kita mengajari anak menghargai waktu sedari dini. Dengan mengenalkan waktu, mereka dapat melakukan kegiatan secara efektif.

Salah satu cara mengajari anak dengan cara menyenangkan adalah membuat mainan anak yang akan memancing rasa penasaran. Kalau anda sudah mengajarkan fungsi jam, sekarang kita mengajak anak membuat mainan jam pasir dari botol plastik bekas. Bahan yang digunakan tentulah tidak sulit didapatkan. Karena kebanyakan botol plastik menjadi sampah setelah kita gunakan.

Mainan anak ini akan membantu anak memvisualisasikan berapa lama mereka melakukan suatu kegiatan. Misalkan anak selesai makan sebelum pasir habis, atau sang anak telah menyelesaikan membersihkan kamarnya sebelum jam pasir habis.

Yang anda butuhkan adalah dua buah botol plastik bekas yang sudah dicuci bersih. Sebaiknya ukuran botol yang digunakan sesuai dengan peruntukan berapa lama waktu yang diinginkan. Selanjutnya pasir halus yang telah disaring. ini bertujuan agar besar partikel pasir sama rata. Sehingga nantinya jam pasir tidak mengalami kemacetan akibat tersumbat. Jangan lupa lem super atau selotip.

Salah satu botol plastik diisi pasir yang sudah kita saring. Lalu kita tutup dengan menggunakan plastik. Kemudian untuk menentukan berapa lama waktu yang diinginkan, buatlah lubang kecil pada plastik dengan menggunakan jarum .Hendaknya sesuaikan besar lubang yang dibuat dengan besar lubang dari saringan yang kita pakai.

Balik botol sehingga pasir akan keluar. Tampunglah pasir pada sebuah wadah dan hitung dengan menggunakan jam. Jika kita menginginkan 5 menit, maka setelah lima menit tutup lubang tersebut. Pasir yang tertampung diwadah menunjukkan waktu 5 menit.

Setelah didapatkan jumlah pasir yang diinginkan, kosongkan kedua botol. Lalu salah satunya diisi dengan pasir yang telah ditampung di wadah. Gunakan kembali plastik yang telah dilubangi tadi sebagai penutupnya. Selotip dan rekatkan memakai lem dengan posisi mulut botol saling berhadapan.

Nah jadilah jam pasir sederhana. Ajarkan anak dengan membuat kompetisi menyelesaikan pekerjaan sebelum jam pasir habis. Jika mereka dapat menyelesaikan tantangan sebelum jam pasir habis, tidak ada salahnya memberikan hadiah sebagai rewardnya. Kalau begitu tantangan pertama buat anak anda adalah: Merapikan mainan yang berantakan di dalam kamar sebelum jam pasir habis. Selamat mencoba!


Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



2 komentar:

baju bayi said...

ide dan kreatif yang sangat bagus sekali.

Sun Hope Indonesia said...

menarik untuk dicoba nich.

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs