Bayi Susah Tidur Di Malam Hari

Apa yang harus dilakukan jika bayi tidak tidur di malam hari? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh orang tua muda yang baru memiliki anak. Jangan khawatir jika bayi anda terlalu sering bangun di malam hari. Beberapa anak bisa tidur sendiri setelah terbangun, tapi yang lain mulai menangis dan membangunkan orang tua. Banyak ibu muda yang jatuh sakit karena kelelahan dan kurang istirahat. Jadi gunakan setiap kesempatan untuk tidur. Dalam hal apapun, cepat atau lambat anak akan belajar untuk tidur sendiri, anda hanya perlu menunggu. 

Jika anak Anda terjaga di malam hari dan menangis, jangan langsung menyalakan lampu dan menggendongnya. Tunggu sedikit, jika menangisnya tidak berhenti, pastikan dulu penyebabnya. Jangan menyalakan cahaya terang dan cobalah untuk tidak bersuara, membuat lebih mudah bagi anak anda untuk tidur kembali. 

Anak mungkin bangun karena mengalami sakit di perut. Bayi memang sering mengalami kolik. Jika bayi anda tiba-tiba mulai menangis, dan menjerit lebih dari biasanya, punggung melengkung, - kemungkinan besar, itu benar-benar kolik. Dalam kasus ini, Anda dapat memijat perut dengan gerakan memutar searah jarum jam. atau menghangatkan perutnya dengan kain hangat . Sebaiknya baca artikel "Mengatasi Kolik Pada Bayi" dan pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter anak Anda. 

Seringkali penyebab bayi terbangun malam hari adalah lapar atau haus. Bahkan jika anak makan dengan baik sepanjang hari, ia mungkin bisa merasa lapar lagi. Cobalah untuk memberinya ASI lagi di tempat tidur. Ketika ia mulai makan lahap, maka kemungkinan besar bayi akan tertidur kembali. 

Jika anak tidak tidur nyenyak di malam hari, mungkin bisa disebabkan insomnia akibat tumbuh gigi. Periksa gusi bayi dengan hati-hati - jika gusinya merah dan bengkak, kemungkinan besar ia memasuki fase tumbuh gigi. Dianjurkan untuk memberikan anak Anda selama periode itu sebuah mainan karet khusus untuk melatih menggigit. Berupa cincin karet (teether) dengan cairan di dalamnya. Teether ini dapat diletakkan dalam lemari es dan dinginkan. Jika penggunaan teether di malam hari tampaknya tidak bekerja optimal, dan bayi tetap menangis - maka saatnya melakukan pijat khusus di gusi. Bungkus jari telunjuk Anda dengan perban direndam dalam air dingin dan pijat gusi dengan lembut. 

 Nah semoga anda dapat menerapkan saran diatas agar kesulitan tidur bayi dapat teratasi

Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



1 komentar:

bayi susah tidur said...

Satu hal yang tidak kalah pentingnya yaitu mood dari orang tua bisa juga mempengaruhi terhadap psikologi bayi, misalnya jika orang tua nya sedang marah atau galau karena terlalu banyak hal yang dipikirkan juga bisa berdampak pada bayi susah tidur.

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs