Manfaat Membacakan Dongeng Dan Cerita Anak

Membaca kisah-kisah menarik seperti dongeng atau menyanyikan lagu sebelum tidur untuk balita memainkan peran besar dalam perkembangan anak. Ada banyak orang yang masih tidak setuju dengan cara ini dan tidak melaksanakannya karena mereka beranggapan bahwa anaknya belum cukup besar untuk memahami apa yang mereka baca. Padahal dengan membacakan cerita anak, balita akan menikmati kehadiran anda menemani mereka dengan cerita-cerita baru atau lagu-lagu yang mereka bisa dengar. Ini tentunya akan menumbuhkan kebiasaan belajar dan membuat pikiran anak menjelajah lewat imajinasi sebagai persiapan pengalaman belajar di sekolah nanti.

Anak-anak akan senang mendengar cerita dongeng dan sajak. Dan saat mereka mendengarkan dongeng anak, mereka perlahan-lahan mulai mengenal kata-kata baru dan konsep yang ada dalam cerita anak. Mereka mencoba untuk memahami dan belajar kata-kata itu sesuai kepentingan mereka dalam memahami lagu atau cerita. Ini akan menjadi cara termudah  yang dapat digunakan orangtua untuk mengajari anak sebuah bahasa. Malah dengan membacakan cerita dongeng dalam dua bahasa akan mempercepat anak menguasai bahasa tersebut. Balita juga akan lebih mudah menghapal lagu-lagu yang didengarnya bahkan akan mencoba untuk meniru orang tua mereka. Itulah sebabnya akan lebih baik pula memberikan pengajaran membaca doa kepada anak sebelum tidur di sela-sela waktu membaca cerita anak. Tujuannya agar si anak menyerap kebiasaan baik itu tanpa disadari anak. Jika balita Anda dapat bernyanyi bersama dengan tindakan dan gerakan tubuh, maka itu membuktikan kalau ia memiliki konsentrasi yang baik karena anak mampu mengkoordinasikan nyanyian dan tindakan.

Saat ini banyak sekali ditemukan buku cerita anak dan lagu yang tersedia di pasaran. Untuk lebih memudahkan pembelajaran anak, sebaiknya pilihlah buku cerita dan dongeng yang di khususkan dengan usia mereka. Lebih baik membeli buku cerita dan dongeng yang dilengkapi dengan gambar-gambar sederhana yang membuat anak anda akan suka melihatnya. Juga ada buku cerita dan dongeng yang bahkan memiliki beberapa fitur tambahan aktivitas untuk balita seperti buku-buku cerita yang dilengkapi stiker untuk setiap karakter, termasuk buku cerita dan dongeng yang bisa diwarnai. Hal ini akan meningkatkan minat anak dan bakat untuk belajar hal baru. Apapun buku cerita dan dongeng yang anda pilih, ingatlah memilih yang terbaik karena akan menjadi pelengkap waktu yang berkualitas yang anda butuhkan untuk menghabiskan dengan buah hati.

Waktu yang ideal untuk membacakan cerita dan dongeng untuk anak atau bernyanyi lagu anak bisa dilakukan di saat istirahat di sore hari, setelah makan siang atau pada waktu sebelum tidur malam. Ini akan membuat anak rileks dan mendengarkan dengan penuh perhatian apa yang anda baca. Buatlah membacakan cerita dan dongeng anak sebuah rutinitas sehingga anda tidak mengabaikan perkembangan anak anda di tengah-tengah ketatnya jadwal pekerjaan rumah tangga lainnya. Juga buatlah anak-anak memahami bahwa belajar setiap saat dan dengan cara apapun adalah bagian dari kegiatan sehari-hari mereka. Memupuk kebiasan membaca di anak usia dini akan menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak-anak saat mereka tumbuh dewasa. Dalam dunia yang kompetitif saat ini, kebiasaan membaca menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Dan itu dimulai dari membacakan cerita dan dongeng anak sejak dini.

Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



2 komentar:

Goresan Penaku said...

Adakah buku yang berkaitan dengan artikel ini?

Giselle.Olshop said...

info nya bagus

mampir juga ya ke www.momsandlovelykids.blogspot.com

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs