Membuat Boneka Barongsai Untuk Imlek

Barongsai merupakan perlambangan naga yang dipercaya masyarakat cina sebagai pembawa keberuntungan. Setiap perayaan imlek, pasti akan banyak ditemui pertunjukan barongsai di mana-mana. Di indonesia juga semakin banyak orang yang sudah pandai memainkan barongsai dan pasti kebanjiran order di tahun baru cina. Bagi yang ingin merayakan tahun baru cina, bisa berkreasi membuat boneka barongsai dari bahan bekas yang mudah ditemukan. Mari kita mengajak anak membuat boneka barongsai.

Yang diperlukan adalah Karton bekas tempat telur yang sudah tidak terpakai. Biasanya jika membeli telur di supermarket atau swalayan, anda akan mendapatkan wadah penyimpanan telur. Kemudian selembar kain merah, Cat pewarna, Kuas, Stapler, Selotip, Lem, Kertas karton, 

1. Guntinglah bagian sambungan karton bekas tempat telur sehingga bagian atas dan bawah terpisah. Bagi menjadi tiga bagian, dua, empat dan enam pasang bulatan telur. Kemudian guntinglah bagian atas sama besar dengan bagian bawah.

2. Setelah terpisah, cat kain dengan corak sisik naga. Kemudian jangan lupa mengecat juga kotak telur dengan dua bulatan sehingga membentuk mata. Bagian dengan enam bulatan jangan lupa dicat. Untuk lebih jelas lihat pada gambar 2.

3. Untuk membentuk kepala naga, sambungkan bagian mata dengan mulut atas dengan menstapler atau di lem. Setelah merekat, digabungkan dengan kain. Lipat dua kain sehingga bagian tengah diketahui. Tempelkan pada ujung atas mata sehingga tengah kain bertemu dengan bagian tengah mata.


4. Untuk mulut bagian bawah disambungkan dengan bagian kain yang masih tersisa. Stapler ujung kiri dan kanan kain sehingga menutupi bagian bawah kotak penyimpanan telur. Jangan lupa di lem agar lebih kuat merekat. Untuk bagian ekor ditutup dengan mengikat karet pada sebuah tongkat kayu.

5. Tempelkan gambar corak ekor yang telah dibuat dari karton yang sudah digunting menyerupai bentuk api. Jangan lupa mewarnainya dengan cat. Stepler agar merekat kuat. Buat pula gambar corak untuk janggut, alis, dan kumis untuk hiasan kepala naga. Tempelkan dengan lem.

Untuk bermain, anak cukup menggoyangkan boneka barongsai dengan memasukkan tangan kedalam kain untuk memegang kepala naga. Dengan melatih menggerakkan mulut naga agar membuka dan menutup, anak dapat memainkan menirukan suara naga. Sehingga akan tampak naga semakin hidup. Jangan lupa memainkannya dengan diiringi suara gendang barongsai. Selamat mencoba.


Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs