Pentingnya Asam Folat Untuk Kehamilan

Banyak ibu hamil tahu bahwa asam folat sangat penting selama kehamilan , tapi mereka tidak tahu alasan mengapa asam folat begitu penting. Asam folat adalah varian vitamin B dan telah terbukti membantu pengembangan sel serta regenerasi. Hal ini penting dalam beberapa minggu pertama pembentukan bayi anda. Asam folat akan memastikan bahwa otak dan sumsum tulang belakang janin berkembang dengan benar. Bahkan tanpa dosis asam folat yang tepat, ada peningkatan kemungkinan keguguran.

Asam folat juga memastikan tersedianya kebutuhan hemoglobin serta darah bayi anda. yang akan mengurangi kesempatan seorang ibu hamil terserang penyakit kehamilan. Dosis asam folat yang dianjurkan medis adalah 400 mikrogram setiap hari. Namun, akan sangat baik untuk mengunjungi dokter anda, dan memberitahukannya kalau anda hamil. Dokter akan merekomendasikan dosis asam folat yang diperlukan.

Anda harus ingat bahwa asam folat berbasis air dan karena itu sangat mudah larut. Tubuh anda secara alami akan mengeluarkan apapun kelebihan gizi. Jadi tidak perlu khawatir anda mengalami overdosis asam folat. Satu-satunya kelemahan yang ditimbulkan oleh asam folat adalah asam folat cenderung untuk menutupi gejala defisiensi vitamin B dan ini tidak baik. 

Asam folat banyak terdapat dalam bentuk kapsul atau dicampurkan dalam susu khusus. Kebanyakan suplemen untuk ibu hamil sudah ditambahkan asam folat dengan dosis yang dianjurkan. Secara alami dari alam, asam folat ditemukan dalam makanan tertentu. Masalahnya, asam folat sangat sulit untuk ditemukan dan tubuh tidak mudah menyerap menelan nutrisi ini. Oleh karena itu, dokter menganjurkan untuk mengkonsumsinya saja dalam bentuk kapsul. Beberapa sumber alami folat adalah sayuran, sereal, kacang-kacangan, buncis serta hati ayam dan daging sapi. Sumber lainnya adalah oatmeal, pasta, kubis brussel, jus jeruk dan banyak lainnya. Terlepas dari kenyataan bahwa asam folat tidak terjadi secara alami, maka direkomendasikan bahwa seorang ibu hamil mengkonsumsi versi kapsulnya.

Jika anda menginginkan kehamilan yang lancar, maka Anda harus mengambil dosis asam folat yang dianjurkan. Hal ini untuk mencegah cacat tabung saraf yang terjadi pada bayi dalam beberapa minggu pertama perkembangan janin. Asam folat merupakan nutrisi yang direkomendasikan untuk pria dan wanita. Untuk wanita, tidak peduli apakah anda sedang hamil atau tidak, mengonsumsi asam folat memiliki banyak efek positif terhadap kesehatan seseorang.

Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs