Memilih Meja Belajar Untuk Anak

Untuk menunjang kenyamanan belajar anak di rumah setelah pulang sekolah, sangat diperlukan sebuah kursi dan meja belajar yang nyaman. Kursi dan meja belajar anak harus memenuhi syarat kenyamanan ergonomi. Perlu diperhatikan bahwa tempat yang nyaman saat belajar memungkinkan anak dapat melakukan pekerjaan lebih baik dan lebih terfokus. Disamping itu kursi dan meja belajar anak yang baik dapat mendukung perkembangan bentuk tubuh anak. Sehingga penyakit tulang dan sendi dapat terhindarkan.

Saat ini telah banyak diciptakan kursi dan meja belajar dengan berbagai desain yang cantik. Bahkan permintaan ketersediaan barang tersebut sangat tinggi. Harga meja belajar juga semakin bersaing menarik pembeli. Karena kursi dan meja belajar semakin dibutuhkan dikantor, rumah dan sekolah. Tapi ingat bahwa spesifikasi bahan harus diperhatikan selain bentuknya. Walaupun bentuknya bagus tetapi terbuat dari material yang jelek dan berbahaya bagi kesehatan maka tidak ada gunanya. Begitupun sebaliknya. Karena material kursi dan meja belajar anak akan mendukung kekuatan untuk menopang tubuh. Bentuk yang bagus akan menunjang pembentukan postur tubuh yang benar, menghindari kelelahan, nyeri punggung, gangguan peredaran darah, nyeri pada tulang belakang leher, kelengkungan tulang belakang dan sakit kepala.  

Tapi bagaimana memilih kursi dan meja belajar anak yang baik? Biasanya ketika anda membeli, sudah tersedia dalam satu paket. Yaitu kursi dan meja belajarnya sekaligus. Tujuannya agar perhitungan desainnya telah cocok dan sesuai dengan sistem pabrik. Sehingga kita tidak risau lagi akan selisih jarak antara tinggi kaki kursi dengan tinggi meja belajar anak. Semua sudah diperhitungkan. Tetapi tidak ada salahnya menyesuaikan kembali jika dirasa perlu. Pastikan memasangnya dengan benar dan mintalah anak mencobanya. Jika ia merasa nyaman saat duduk, menulis, bersandar pada kursi, posisi kaki apakah sudah sesuai, serta posisi tangan saat menulis, maka sudah dipastikan itulah kursi dan meja belajar yang cocok untuk anak anda.

Tetapi tersedia juga kursi dan meja belajar anak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Aturlah ketinggian tempat duduk dan usahakan agar mengarah pada bidang meja dengan tepat saat anak menulis. Perhatikan apakah anak dapat menjangkau semua barang yang dibutuhkan tanpa harus berdiri mengambilnya, bisa nyaman saat bersandar dsb. Biasanya jenis kursi dan meja belajar anak yang bisa diatur sangat cocok dibeli jika anak anda mempunyai adik. Jadi ketika sang kakak sudah beranjak dewasa, maka kursi dan meja belajar anak tadi dapat dipakai lagi oleh adiknya. Tinggal sesuaikan saja ukurannya.

Nah semoga artikel diatas dapat memberikan petunjuk dalam pemilihan kursi dan meja belajar anak. Ingatlah menempatkannya di dalam kamar anak dengan memperhatikan kesesuaian dengan perbotan didalamnya agar suasana belajar anak semakin nyaman.

Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs