Bermain Menggambar Sketsa Dari Kawat Bekas

Membuat sketsa bentuk benda bisa dilakukan bersama anak. Jika buah hati sudah mampu mengenali objek seperti binatang, mobil, dll serta menuangkannya dalam bentuk gambar 2D di kertas. Maka sudah waktunya mengembangkan skill tersebut menjadi kemampuan membentuk sketsa patung. Kita dapat mengajarkan anak menggambar bentuk sesuai imajinasi hanya dengan menggunakan kawat. Ini bisa menjadi aktivitas seni yang seru bersama anak, dimana tehnik ini didasarkan pada konstruksi kawat pematung Amerika Alexander Calder (1898-1976).

Bagi bunda yang ingin mengaplikasikan tehnik ini. Mulailah dengan menyiapkan kawat. Biasanya terdapat kawat bekas jemuran atau pun kawat baru yang bisa di beli di toko bangunan. Ukuran kawat tergantung dengan keinginan, tetapi hendaknya dipilih yang  diameternya kira-kira tidak terlalu sulit dibengkokkan. Sebab kita akan mengajarkan anak membentuk benda dengan menggunakan kawat. 

Mulailah dengan menggunakan kertas dan pensil untuk merencanakan gambar kawat Anda. Mintalah anak anda untuk menggambar bentuk binatang yang ia suka di atas kertas. gambarlah apa saja, boleh menggambar hewan sederhana, wajah, atau bentuk lainnya. Bila Anda sudah memiliki desain yang Anda suka, pilihlah titik awal di bagian bawah gambar. Lalu mulai membengkokkan kawat yang lentur mengikuti sketsa pada kertas, Bengkokkan ke kiri atau kekanan, lilit dan teruskan ke garis berikutnya sampai kembali ke titik permulaan kawat. Sisakan Tiga atau empat cm kawat di akhir sketsa sebagai tempat memasang pada gabus yang sudah disiapkan. Jika sudah terbentuk gambar sketsa dari kawat itu, periksalah lagi lekukannya dan betulkan agar terlihat menarik. 

Gunakan jarum besar untuk membuat lubang di gabus, dan masukkan ujung kawat dan lem agar tidak mudah tercabut. Lem gabus ke dasar kayu. Maka hasil kreasi anak yaitu menggambar dengan menggunakan kawat telah selesai dan dapat dipajang di ruang tamu rumah anda.

Tips: 
  • Hendaknya setiap ujung kawat jangan dibiarkan terbuka, gunakan tang kecil untuk melilit ujung kawat atau menggulungnya agar tidak melukai anak.
  • Gunakan pulpen untuk membuat lekukan atau lingkaran yang sulit pada sketsa.
  • Hendaknya anak terus dibawah pengawasan orang tua saat bermain menggambar sketsa ini.
  • Gunakan kawat yang tidak berkarat.
Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs