Makanan Berkhasiat Untuk Kehamilan Menurut Rasulullah SAW

Sebagai orang tua, tentulah kita menginginkan memiliki anak yang sempurna baik fisik dan rohani. Oleh karena itu segala upaya tentulah harus dilakukan agar keinginan tersebut tercapai. Banyak orang tua yang mempersiapkan pendidikan dan perawatan untuk si buah hati bahkan sejak berada di dalam kandungan. Memang jika dirunut dari awal penciptaan manusia, kehidupan dimulai sebelum lahir ke dunia. Yaitu sembilan bulan didalam rahim. Itulah sebabnya di Cina, usia seseorang dihitung dari tanggal lahir dan ditambah dengan usia sembilan bulan dalam kandungan.

Tetapi tidak sedikit para ibu yang melupakan faktor makanan dalam mendidik akhlak anak saat dalam rahim. Padahal bayi mendapatkan makanan dari apa yang dikonsumsi ibunya. Jika apa yang dimakan oleh ibunya baik, maka yang dimakan oleh bayi tentulah juga baik. Begitu juga sebaliknya. Sehingga dalam Islam, Rasululullah SAW menganjurkan agar memberi makanan yang baik dan halal, serta menjauhkan makanan yang diperoleh dari suatu perbuatan dosa. Tujuannya supaya akhlak anak baik dan terjaga dari segala perbuatan dosa di kehidupannya kelak. 

Rasulullah SAW, memberikan tuntunan makanan apa saja yang berkhasiat untuk bayi sejak dalam kandungan. Dan sebagai umat muslim hendaknya kita meyakini serta mengamalkan tuntunan tersebut. Berikut ini bincanganak mengulas makanan dan buah-buahan serta khasiatnya untuk bayi menurut Rasulullah SAW:

Buah Kurma
kurma adalah tanaman yang hidup di daerah kering semenanjung arab. Memiliki buah yang berwarna coklat kehitaman, lonjong dan berdiameter 2-3 cm. Kandungan glukosa, fruktosa serta zat cair didalamnya sangat mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu buah kurma juga beberapa kali disebutkan di dalam Alquran sebagai buah yang memiliki kelebihan dibanding buah lain. Berikut khasiat kurma menurut Rasulullah SAW:

Rasulullah saw bersabda, “Berilah makan kurma wanita yang sedang hamil pada bulan-bulan terakhir kehamilannya supaya anaknya menjadi anak yang penyabar dan suci.”

Amirul Mukminin as berkata, “Barni adalah sebagus-bagusnya kurma. Berilah ia kepada para wanita yang sedang dalam masa nifas, supaya anaknya menjadi anak yang penyabar dan bijak.”

Imam Ja`far Shadiq as berkata, “Berilah makan barni (sejenis kurma) wanita yang telah melahirkan (pada masa nifas) supaya anaknya menjadi anak yang berakal dan murah hati.”

Sehingga dari uraian diatas, sangatlah dianjurkan memberikan Kurma untuk dikonsumsi ibu. jadi Air ASI-nya akan berisi berbagai khasiat yang disebutkan diatas. Sehingga ini semakin memperkuat keyakinan untuk memberikan ASI kepada Bayi, dan hendaknya tidak memberikan susu formula sebagai salah satu upaya mendidik akhlak dan fisik anak sejak dini. 

Lu'ban
Lu'ban adalah sejenis kemenyan khas arab yang biasa dipakai sebagai bahan pengharum dan parfum arab. Kandungan utamanya adalah unsur utama dari resin benzoin berbagai tanaman dari genus Styrax. Dengan memberikan lu'ban, bayi dalam rahim akan memperoleh banyak manfaat. maka Berikut Khasiat lu'ban menurut Rasulullah SAW:

Rasulullah saw bersabda, “Berilah makan lubân wanita yang sedang hamil, karena janin yang memakan lubân dalam perut ibunya akan menjadi kuat akalnya. Jika ia laki-laki ia akan menjadi seorang pemberani, jika ia perempuan ia akan menjadi perempuan yang besar pinggulnya dan dicintai suaminya.

Imam Ali Ridha as berkata, “Berilah makan lubân wanita yang sedang hamil. Karena, jika ia anak laki-laki ia akan menjadi laki-laki yang cerdas, pintar dan pemberani, dan jika ia anak perempuan ia akan menjadi perempuan yang berakhlak baik, cantik, berpinggul besar dan dicintai suaminya.

Safarjal

Buah Safarjal
Safarjal adalah buah sejenis apel dengan nama latin Cydonia oblonga. Buahnya banyak mengandung khasiat, di amerika di sebut dengan nama Quince.

Rasulullah SAW bersabda, "Berilah makan buah safarjal (sejenis apel) kepada wanita yang sedang hamil, karena ia dapat membuat bagus akhlak anak yang akan dilahirkan."


Semangka
Semangka adalah buah dari tanaman merambat yang serumpun dengan labu, melon dan ketimun. Buahnya yang banyak mengandung air membuatnya sering dijadikan jus. Daging buahnya berwarna merah dan kuning. 

Rasulullah SAW memberikan anjuran agar ibu hamil mengkonsumsi semangka sebagaimana sabda beliau: "Setiap wanita hamil yang makan buah semangka maka anaknya akan cantik wajahnya dan baik akhlaknya."

Artikel Bincang Anak Lainnya:

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



1 komentar:

tito said...

komen yang panjang nya nanti aja ya... sekarang isi absensi dulu :)
duduk yang manis sambil kunjungan malam, liat2 blog yang keren ini :)

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs