Agar Anak Terhindar Dari Seks Bebas

Berkat teknologi & pergaulan bebas, kehamilan remaja sudah banyak terjadi. Yang paling malang dan sulit untuk dicerna adalah kehamilan remaja akibat seks bebas. Orangtua yang tidak memperhatikan anak-anak mereka, pelecehan seksual, tekanan teman sebaya, konsumsi obat juga menjadi faktor pemicu penyebab kehamilan remaja. Orang tua memiliki peran besar dalam mencegah kejadian-kejadian seperti itu dalam kehidupan anak-anak mereka. Kurangnya disiplin yang tepat dan cinta di rumah adalah dua faktor yang menyebabkan anak-anak mengejar cara lain untuk memenuhi keinginan mereka untuk dicintai dan diperhatikan.

Orangtua, terutama ibu memiliki peran besar dalam mencegah anak-anak perempuan mereka terjatuh dalam janji-janji palsu dan ekspresi cinta dari teman-teman pria mereka. Berikut adalah cara menjaga anak- anak dari seks bebas dan kehamilan diluar nikah.

1. Temukan Cara Agar Selalu Terhubung Dengan Anak Anda
Anak-anak yang memiliki orang tua yang penuh kasih sayang, tidak akan memiliki alasan untuk melihat ke luar rumah mereka untuk mendapatkan cinta. Pastikan bahwa anda membuat diri anda ada untuk anak-anak Anda disaat mereka membutuhkan kasih sayang. Hadir untuk berbicara tentang semua masalah dan keluh kesah mereka. Menciptakan suasana penuh kasih di rumah akan membuat anak-anak anda akan bebas untuk membahas semua masalah mereka, dan akan memiliki kebebasan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan seks atau sebaliknya. Orangtua harus selalu memberi kasih sayang kepada anak-anak mereka, terlepas dari usia mereka. Ini adalah cara terbaik untuk menjauhkan mereka dari cinta palsu dan kehamilan remaja.

2. Mendidik Anak Anda Tentang Seks
Bagi banyak remaja yang tumbuh keluar dari masa kanak-kanak, seks akan menjadi sesuatu yang baru, dan mereka akan senang untuk mengeksplorasi. Sebagai orang tua, itu adalah dalam tanggung jawab anda untuk mendidik mereka tentang seluk-beluk seks dan masalah yang mereka bisa dapatkan jika mereka melakukan itu pada usia muda. Pendidikan seks remaja saat ini sangat penting terutama jika anda mempertimbangkan kenyataan bahwa remaja memiliki perubahan hormon di dalam tubuh mereka. 

Remaja, terutama perempuan harus dibuat sadar akan risiko yang terkait dengan seks dan harus peka pada metode pencegahan dasar untuk menghindari kehamilan . Informasi tentang langkah-langkah kontrasepsi dan penyakit menular seksual harus diperkenalkan pada usia ini sehingga mereka  menjauhi seks bebas. Anda juga harus menjelaskan kepada mereka tentang kesulitan kehamilan remaja dan dampak mental dan fisik yang bisa saja pada seluruh hidup mereka jika hal itu terjadi.

3. Pentingnya Menjadi Teladan untuk Anak Anda
Banyak orang tua membuat kesalahan dengan menasihati anak-anak mereka tentang seks dan menjahui perselingkuhan . Apa yang Orang tua lakukan dapat menjadi contoh langsung sebab anak-anak juga bisa melihat perilaku. Apa gunanya ada dalam menasihati anak-anak Anda ketika Anda sendiri tidak dapat mengontrol perilaku Anda? Anak-anak yang memiliki orang tua yang baik ternyata akan berubah sendiri perilaku anak bahkan tanpa banyak nasihat dari orangtua mereka.

Sebuah keluarga yang mencintai satu sama lain secara naluriah akan membuat mereka memahami pentingnya hubungan monogami dan betapa pentingnya untuk menjauh dari keadaan yang tidak diinginkan. Hal-hal ini datang tanpa intervensi luar. Remaja yang berasal dari keluarga bahagia akan cukup matang untuk menangani perasaan yang tidak diinginkan, tanpa membiarkan mereka untuk terluka dalam proses itu.

4. Pentingnya Membuat Remaja Memahami Prioritas Mereka
Seorang anak yang dibuat untuk memahami pentingnya pendidikan dan kehidupan keluarga, tidak akan pernah berusaha untuk menyimpang dari orang tuanya dan akan menjauhkan diri dari persahabatan yang tidak diinginkan yang dapat menyesatkan mereka. Semua orang tua harus membantu anak remaja mereka untuk menetapkan prioritas mereka dalam kehidupan.

Mereka harus dibuat mengerti tentang bagaimana pentingnya pendidikan dan bagaimana dapat membantu mereka memupuk impian mereka tentang menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya kelak. Gambaran ini harus tertanam kuat di benak mereka ketika mereka memasuki remaja. Membantu mereka memilih karir mereka dan membuat mereka merasa bertanggung jawab atas kehidupannya.

Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs