Cara Mengajari Anak Mengenal Warna


Setelah bunda mengetahui Cara Mengajari Anak Mengenal Abjad Alfabet. Saatnya menambah pengetahuan anak mengenai warna. Ada banyak cara untuk mengajari anak anda agar bisa mengenali warna. Beberapa cara bisa dibuat menjadi menyenangkan dan menarik, sehingga anak tanpa sadar telah belajar mengenal warna. Mengajar anak-anak Anda warna dengan bermain game tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan mereka cara yang berbeda untuk belajar sesuatu.

Saat mengajari anak, janganlah langsung mengharapkan si buah hati bisa mahir dalam sekejap. Tetapi butuh proses. Mulanya perkenalkan anak pada 3 warna dasar. lalu dilanjutkan dengan warna sekunder dan tersier. simak artikel Tips Memilih Warna Cat Untuk Kamar Anak
Berikut adalah beberapa tips dan ide untuk mengajar anak-anak prasekolah agar bisa mengenali dan mengetahui warna:

1) kartu Flash:  
Kartu flash adalah sejenis kartu yang dibuat sendiri atau diprint yang sudah memuat berbagai item yang ingin diperkenalkan. Anda dapat mengajarkan warna secara cepat melalui kartu flash. Kartu flash berisi gambar dari item dalam berbagai warna. Misalnya, jika ingin memperkenalkan warna merah, gambar tomat bisa mewakili. Kuning untuk pisang dan seterusnya.

2) Makanan: 
Anak-anak juga bisa belajar warna melalui makanan. Makanan bisa dihidangkan dalam berbagai warna-warna cerah. Buah-buahan juga menjadi alternatif makanan yang memiliki banyak warna. Ketika anak Anda meminta sesuatu untuk dimakan, beritahu mereka warna apa yang mereka makan itu. sehingga tertanam secara menyenangkan.

3) Buku: 
Ada banyak buku yang memperkenalkan warna. Bisa berupa buku menggambar, mewarnai, buku cerita, dongeng dan sebagainya. Cari buku yang menarik yang berfokus pada dua atau tiga warna dengan banyak foto/gambar. Ini adalah cara yang baik untuk mengajarkan warna kepada anak-anak.

4) Bawalah anak Anda bermain di luar atau alam terbuka: 
Ketika Anda melewati pohon, batu, rumput dan mobil, sebutkanlah warnanya warna. Atau ketika anda telah melihat berbagai macam warna, arahkan ke sesuatu dan minta anak untuk menyebutkan apa warna benda itu. Alam terbuka merupakan sekolah terbaik

5) Tampilkan mereka dalam nuansa warna: 
Memperkenalkan warna bisa dengan menjadikan anak sebagai fokus warna itu sendiri. Hadirkan warna dalam pakaian dan sepatu mereka, boneka, selimut, dan apapun yang Anda bisa bayangkan. Juga dengan memberikan warna yang berbeda-beda dalam kamar dengan cara merubah cat kamar anak setiap 3 bulan. selain menghindari kebosanan juga menghadirkan nuansa baru di kamar.

Anda sendiri adalah guru terbaik. Dan dengan cara-cara menyenangkan dan menarik saat mengajar anak Anda, maka itu seperti setengah bersenang-senang dengan anak. Luangkan waktu setiap hari untuk menunjukkan warna pada anak, dan lihatlah hasilnya jika dilakukan dengan cara menyenangkan.

Artikel Bincang Anak Lainnya:


Related Posts with Thumbnails

Simak Juga Artikel Berikut:



1 komentar:

maia said...

selanjutnya tinggal mengarahkan bakat anak ya bu de

Post a Comment

 
Design by Themes | Powered by Blogger | Bloggerized by Bincanganak
Free Automatic Backlink Family Blogs Top Parents blogs